Monday, 1 October 2012

TELNET dan FTP

TELNET dan FTP

 

TELNET

Telnet kepanjangan dari Telecommunications network protocol. Telnet adalah salah satu dari aplikasi internet yang paling tua. Telnet memungkinkan kita untuk menghubungkan \u201cterminal\u201d kita dengan host remote yang berada di luar jaringan. Pada masa ARPANET sebelum workstation grafis atau personal komputer ditemukan, setiap orang menggunakanterminal yang terhubung denganmainframe atauminicomput er melalui koneksi serial (gambar xx.x). Setiap terminal memilikikeyboard sebagai masukan dan monitor untuk keluaran, tanpa memiliki CPU sendiri, semua proses dijalankan dimain frame atauminicomputer.


Gambar 6.2 Terminal dihubungkan dengan kabel serial ke minicomputer


Pada saat sekarang terminal riil seperti di atas sangat jarang, hanya ada terutama sebagai terminal emulator seperti hyperterminal pada windows (hyperterminal windows digunakan untuk mengkonfigurasi router/switch cisco).
Telnet biasanya digunakan untuk “remote login” dari PC ke PC lain dalan jaringan. Remote login semacam ini memungkinkan anda untuk menggunakan aplikasi yang berada dalam sistemremot e. Remote login semacam ini hanya menyediakan koneksi text only, biasanya dalam bentuk command line prompt, seakan-akan anda duduk di terminal yang terhubung pada mesinre m o t e. Telnet adalah aplikasiclient/server.Client mengambil karakter yang dimasukkan darike yboard, mengirimkannya keserver dan mencetakoutput yang dikirim olehserver.Server melakukan lebih banyak tugas, melewatkan karakter input dariclient, menginterpretasikannya sebagai perintah, membaca output dan mengirim balik keclient untuk dicetak ke layar.



FTP

FTP menggunakan protokol transport TCP untuk mengirimkan data/file. TCP dipakai sebagai protokoltransport karena protokol ini memberikan garansi pengiriman dengan FTP yang dapat memungkinkan user mengaksesfile dan direktori secara interaktif, diantaranya : 

• Melihat daftar file pada direktori remote dan lokal.
• Menganti nama dan menghapus file.
• Transfer file dari komputerre m o t e ke lokal (download).
• Transfer file dari komputer lokal ke remote (upload).

Gambar 6.2 di bawah ini menunjukkan mekanisme transfer file darihost lokal keremot e, proses transfer file seperti ditunjukkan dengan tanda panah pada gambar tersebut. Tahapan FTP dimulai dariclient memasuki jaringan TCP/IP, komputer remote yang akan dituju disebut host FTP, dan host FTP ini harus memiliki software FTP server yang telah diinstall agar dapat berinteraksi dengan sistem file pada host. Untuk memulai melakukan FTP, maka berikan perintah seperti berikut : 

    %ftp [hostname]

tanda% adalah prompt default pada OS Unix,hostname merupakan nama secara simbolik atau nomor IP dari komputer yang akan dituju. Bila sudah dapat tersambung maka akan ditanyakan namauser danpassword, isian namauser danpassword sesuai denganaccount yang diberikan seperti yang digunakan bila user akan menggunakanserver tersebut, tetapi pada FTP server yang umum, untuk namauser dapat digunakanftp atauanonymous dengan menggunakan password yaitu alamat e-mail, akan tetapi memiliki hak akses yang terbatas sesuai yang ditetapkan administrator FTP server.

Gambar 6.3. Mekanisme FTP


Berikut Hasil Percobaan menggunakan Telnet dan FTP :


percobaan menggunakan TELNET
 
 
percobaan penggunaan command FTP
 
 
 
tampilan File List pada jendela command FTP




No comments:

Post a Comment